17 Desember 2010

Dongkrak Karir Dengan Keahlian Bahasa Asing

Penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris, memang mutlak diperlukan dalam situasi kerja penuh persaingan ketat seperti ini. Jadi, kalau sampai Anda tidak menguasai bahasa asing… benar-benar celaka deh! Seperti nasib yang dialami, Kumbang – sebut saja namanya begitu -.


Bayangkan saja.. saat harus presentasi di depan klien yang kebanyakan ekspatriat, banyak karyawan, termasuk Kumbang yang tidak siap. Selain grogi karena harus presentasi di depan umum, mereka yang kurang menguasai bahasa asing juga terlihat tidak percaya diri!.


Artinya…hingga saat ini, masih banyak pekerja yang tidak menyadari, bahasa asing merupakan modal ampuh yang wajib dimiliki untuk meningkatkan karier.


Pakar SDM, mengingatkan, mereka yang menguasai satu atau lebih bahasa asing cenderung bernilai jual tinggi. Apalagi bagai mereka yang bekerja di perusahaan multinasional, yang kebanyakan dipimpin para ekspatriat. Bukan hanya untuk kepentingan berkomunikasi dengan Boss saja, mereka yang menguasai bahasa asing juga lebih dilirik bahkan diprioritaskan untuk mengikuti training dan pelatihan di luar negeri. Tak jarang, banyak juga yang beruntung bias ditempatkan sebagai Kepala Cabang di luar negeri.


Saat ini selain bahasa Inggris, bahasa Jepang, Cina dan Korea pun layak dipelajari.Terutama bagi mereka yang bekerja di industri elektronik, manufaktur atau otomotif. Bahkan, di sejumlah Negara Asia, bahasa China atau Mandarin juga harus dikuasai oleh mereka yang mengaku ingin maju. Bahkan mereka yang menguasai bahasa mandarin bisa dibilang laris manis di pasar kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI

TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI Tentu tidak asing lagi , saat kita mendengar dibutuhkan lowongan dibidang Adminis...