17 Desember 2010

Cara Mengatasi Berat Badan Bertambah Setelah Bekerja

Hampir 57 persen karyawan mengatakan, berat badan mereka bertambah sejak mulai bekerja. Ya, memang jadwal di kantor yang sangat padat sering membuat kita tak punya waktu untuk menyantap makanan yang tak membuat tubuh gemuk. "Boro-boro mikirin makanan sehat, yang penting perut kenyang karena makan pun harus buru-buru," begitu mungkin pendapat Anda, ya? Nah, agar bobot tubuh tak terus melonjak, berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan. 

* Bawa Bekal 
Menurut sebuah penelitian, mereka yang bekerja di kantor paling tidak tiga kali dalam seminggu makan di luar. Padahal kalau saja Anda mau mampir ke toko makanan dan membeli makanan sehat atau membawa masakan dari rumah (ini lebih baik lagi), setidaknya Anda telah mengontrol porsi, mengurangi kalori, dan menghemat pengeluaran. 

* Komunikasi Langsung
Karena kantor menyediakan fasilitas seperti e-mail dan telepon, Anda jadi malas bergerak dari kursi jika ingin berkomunikasi dengan sesama rekan kantor. Mulai saat ini, jika perlu bicara dengan rekan sekantor, jangan gunakan telepon atau e-mail. Datangi kolega Anda dan bicara langsung dengannya. Langkah ekstra tersebut sangat berguna bagi tubuh Anda. Hitung-hitung, Anda berolahraga kecil dan tidak seharian menimbun lemak saja.

* Selalu Sedia Air Putih
Banyak diantara karyawan mencari makanan kecil pada saat mereka stres dan jenuh. Bila Anda selalu menyediakan air putih di meja kerja dan meminumnya secara teratur sepanjang hari, Anda akan merasa kenyang dan tidak ingin ngemil.

* Manfaatkan Jam Makan Siang
Bila di dekat kantor ada tempat kebugaran, manfaatkan jam makan siang untuk berolahraga. Gunakan pula sedikit waktu makan siang untuk makan dan keluar dari kantor dengan berjalan kaki ke warung/restoran dekat kantor. Hal ini tidak hanya sehat bagi Anda, tetapi juga memperbaiki produktivitas Anda.

* Cari Dukungan
Anda tidak sendirian mengalami masalah ini. Cari dukungan dari teman sekerja. Bentuk kelompok diet. Adakan makan makanan sehat sekali seminggu. Jika memungkinkan, minta perusahaan menyediakan fasilitas olahraga atau menyediakan dana untuk olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI

TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI Tentu tidak asing lagi , saat kita mendengar dibutuhkan lowongan dibidang Adminis...