Pepatah mengatakan, hemat pangkal kaya. Jane Chatzky, seorang penasihat finansial, dalam bukunya berjudul 'Make Money, Not Excuses,' mengungkapkan sejumlah cara yang dapat Anda lakukan sejak sekarang untuk menimbun pundi-pundi uang.
Berikut ini adalah beberapa tips yang diberikan pakar keuangan tersebut seperti dikutip situs oprah.com:
Menabung otomatis
Daftarkan diri untuk fasilitas automatic savings plan di bank tempat Anda menabung. Dengan demikian, sejumlah uang tertentu akan ditransfer secara otomatis ke dalam rekening terpisah milik Anda setiap bulan. Agar tidak tergoda mempergunakan dana, jangan membuat kartu ATM untuk rekening tersebut.
Bijak membeli
Biasakan diri berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu yang tidak direncanakan sebelumnya. Jika Anda sedang berada di toko, tunda membeli suatu barang selama 24 jam sebelum kembali ke toko itu dan memutuskan untuk membelinya. Jika Anda sedang belanja online, taruh barang tersebut di keranjang belanja dan tinggalkan situs tersebut. Ketika Anda kembali membuka situs itu keesokan harinya, maka situs tersebut kemungkinan akan mengingatkan Anda.
Pembelian impulsif bisa membuat orang menghambur-hamburkan uang demi pengeluaran yang tidak perlu. Jadi, tak ada salahnya menekan tombol 'pause' sebelum membeli.
Lindungi skor kredit
Skor kredit merupakan angka yang digunakan lembaga-lembaga keuangan seperti perusahaan asuransi atau kreditur, untuk menaksir tanggung jawab Anda. Agar aman, usahakan memiliki skor kredit mendekati 800.
Dua langkah mudah yang dapat Anda lakukan guna meningkatkan skor kredit, yakni membayar tagihan tepat waktu dan melunasi saldo pada kartu kredit, khususnya yang nyaris mendekati batas maksimum.
Lunasi kartu kredit
Ambil tabungan Anda untuk membayar lunas utang kartu kredit dengan tingkat suku bunga tertinggi. Tindakan ini masuk akal, sebab Anda kemungkinan hanya mendapatkan bunga tiga sampai empat persen untuk tabungan. Sedangkan untuk kartu kredit, Anda bisa dikenai bunga sebesar 16, 18, bahkan 24 persen.
Gunakan kartu debit
Sisihkan kartu kredit Anda dan mulailah menggunakan kartu debit untuk melakukan pembayaran. Dengan cara itu, Anda akan terhindar dari risiko belanja gila-gilaan dan terjebak dalam belitan utang di kemudian hari.
Contoh Surat Lamaran Kerja untuk berbagai posisi baik Bahasa Inggris maupun Indonesia
8 Maret 2011
Alasan Utama Ketidakpuasan Karyawan Perempuan
Sebuah perusahaan konsultan manajemen melakukan survei global terhadap tingkat kepuasan kerja bagi lelaki dan perempuan. Hasil studi antara lain menunjukkan, sebanyak 47 persen karyawan perempuan merasa tidak puas terhadap gaji yang diberikan.
Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 3.400 profesional di 29 negara, ditemukan bahwa kurang dari satu di antara dua responden merasa puas terhadap pekerjaan sekarang. Namun, nyaris tiga di antara empat responden mengaku tidak memiliki rencana untuk keluar dari perusahaan sekarang.
Lantas, apa yang membuat para karyawan merasa sangat tidak bahagia? Survei Accenture berhasil mengungkap empat alasan utama dari ketidakpuasan kerja di antara para responden, seperti dikutip situs forbes.com:
1. Gaji kurang (47 persen perempuan, 44 persen laki-laki)
2. Kurangnya peluang pertumbuhan (36 persen perempuan, 32 persen laki-laki)
3. Tidak ada peluang kemajuan karier (33 persen perempuan, 34 persen laki-laki)
4. Merasa terjebak (29 persen perempuan, 32 persen laki-laki)
Berbicara tentang gaji, salah satu temuan menarik mengungkapkan bahwa karyawan yang lebih tua cenderung kurang termotivasi oleh upah dibandingkan karyawan yang lebih muda. Hampir tiga perempat atau 73 persen responden dari generasi Y (kelahiran 1970-an sampai 2000) mengatakan termotivasi oleh upah. Sementara itu, hanya 67 persen responden generasi X (kelahiran 1960-an sampai 1970-an) dan 58 persen responden generasi Baby Boomers (1940-an sampai 1960-an), mengatakan hal serupa.
Namun, jika bicara soal promosi yang biasanya diikuti dengan kenaikan gaji, penelitian ini mengungkapkan bahwa laki-laki jauh lebih mungkin meminta promosi (39 persen) dibandingkan perempuan (28 persen).
Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 3.400 profesional di 29 negara, ditemukan bahwa kurang dari satu di antara dua responden merasa puas terhadap pekerjaan sekarang. Namun, nyaris tiga di antara empat responden mengaku tidak memiliki rencana untuk keluar dari perusahaan sekarang.
Lantas, apa yang membuat para karyawan merasa sangat tidak bahagia? Survei Accenture berhasil mengungkap empat alasan utama dari ketidakpuasan kerja di antara para responden, seperti dikutip situs forbes.com:
1. Gaji kurang (47 persen perempuan, 44 persen laki-laki)
2. Kurangnya peluang pertumbuhan (36 persen perempuan, 32 persen laki-laki)
3. Tidak ada peluang kemajuan karier (33 persen perempuan, 34 persen laki-laki)
4. Merasa terjebak (29 persen perempuan, 32 persen laki-laki)
Berbicara tentang gaji, salah satu temuan menarik mengungkapkan bahwa karyawan yang lebih tua cenderung kurang termotivasi oleh upah dibandingkan karyawan yang lebih muda. Hampir tiga perempat atau 73 persen responden dari generasi Y (kelahiran 1970-an sampai 2000) mengatakan termotivasi oleh upah. Sementara itu, hanya 67 persen responden generasi X (kelahiran 1960-an sampai 1970-an) dan 58 persen responden generasi Baby Boomers (1940-an sampai 1960-an), mengatakan hal serupa.
Namun, jika bicara soal promosi yang biasanya diikuti dengan kenaikan gaji, penelitian ini mengungkapkan bahwa laki-laki jauh lebih mungkin meminta promosi (39 persen) dibandingkan perempuan (28 persen).
4 Maret 2011
Kopi Bantu Perempuan Hadapi Stres
Rapat panjang yang seolah tanpa ujung bisa membuat para pesertanya merasa stres dan tertekan. Bagi perempuan, mengonsumsi kafein ternyata bisa memberi efek yang menguntungkan.
Menurut sebuah studi yang dilakukan Lindsay St. Claire dan sejumlah koleganya, konsumsi kopi menghasilkan dampak yang berbeda pada laki-laki dan perempuan. Bagi dua orang lelaki yang berkolaborasi atau bernegosiasi dalam keadaan stres, mengonsumsi kafein bisa merusak kinerja dan kepercayaan diri mereka. Sebaliknya, dua orang perempuan yang meminum kopi sering kali justru mendapatkan efek yang menguntungkan, ketika dihadapkan dengan faktor-faktor serupa.
Para peneliti tidak dapat memastikan, namun mereka berpikir perbedaan efek kafein pada lelaki dan perempuan, barangkali berhubungan dengan fakta bahwa perempuan cenderung merespon stres dengan gaya kolaboratif dan saling melindungi (tend and befriend). Sedangkan lelaki biasanya menunjukan respon melawan atau melarikan diri (fight or flight response).
Studi tersebut, seperti dikutip situs forbeswomen.com, melibatkan 64 peserta laki-laki dan perempuan (peminum kopi di University of Bristol dengan usia rata-rata 22 tahun). Mereka diminta menyelesaikan berbagai teka-teki konstruksi, negosiasi, dan tugas memori kolaboratif dengan pasangan sesama jenis. Kegiatan tersebut dilakukan setelah mereka meminum kopi tanpa kafein, yang bisa saja dibubuhi atau tidak dibubuhi kafein secara diam-diam.
Kondisi stres dipancing pada beberapa pasangan, dengan mengatakan bahwa mereka sebentar lagi harus memberikan presentasi publik, dan dengan memperingatkan mereka bahwa upah partisipasi ini tergantung dari kinerja yang diperlihatkan.
Lalu, seberapa besar efek kafein? Kinerja memori laki-laki di bawah kondisi stres dengan kafein, digambarkan oleh para peneliti sebagai 'sangat terganggu.' Sementara itu, kafein sama sekali tidak memengaruhi perempuan dalam situasi yang sama. Untuk teka-teki konstruksi, kafein di bawah stres tinggi menyebabkan laki-laki membutuhkan waktu rata-rata 20 detik lebih lama (dibandingkan tanpa kafein). Sedangkan bagi perempuan, kafein justru menyebabkan mereka memecahkan teka-teki 100 detik lebih cepat.
Menurut sebuah studi yang dilakukan Lindsay St. Claire dan sejumlah koleganya, konsumsi kopi menghasilkan dampak yang berbeda pada laki-laki dan perempuan. Bagi dua orang lelaki yang berkolaborasi atau bernegosiasi dalam keadaan stres, mengonsumsi kafein bisa merusak kinerja dan kepercayaan diri mereka. Sebaliknya, dua orang perempuan yang meminum kopi sering kali justru mendapatkan efek yang menguntungkan, ketika dihadapkan dengan faktor-faktor serupa.
Para peneliti tidak dapat memastikan, namun mereka berpikir perbedaan efek kafein pada lelaki dan perempuan, barangkali berhubungan dengan fakta bahwa perempuan cenderung merespon stres dengan gaya kolaboratif dan saling melindungi (tend and befriend). Sedangkan lelaki biasanya menunjukan respon melawan atau melarikan diri (fight or flight response).
Studi tersebut, seperti dikutip situs forbeswomen.com, melibatkan 64 peserta laki-laki dan perempuan (peminum kopi di University of Bristol dengan usia rata-rata 22 tahun). Mereka diminta menyelesaikan berbagai teka-teki konstruksi, negosiasi, dan tugas memori kolaboratif dengan pasangan sesama jenis. Kegiatan tersebut dilakukan setelah mereka meminum kopi tanpa kafein, yang bisa saja dibubuhi atau tidak dibubuhi kafein secara diam-diam.
Kondisi stres dipancing pada beberapa pasangan, dengan mengatakan bahwa mereka sebentar lagi harus memberikan presentasi publik, dan dengan memperingatkan mereka bahwa upah partisipasi ini tergantung dari kinerja yang diperlihatkan.
Lalu, seberapa besar efek kafein? Kinerja memori laki-laki di bawah kondisi stres dengan kafein, digambarkan oleh para peneliti sebagai 'sangat terganggu.' Sementara itu, kafein sama sekali tidak memengaruhi perempuan dalam situasi yang sama. Untuk teka-teki konstruksi, kafein di bawah stres tinggi menyebabkan laki-laki membutuhkan waktu rata-rata 20 detik lebih lama (dibandingkan tanpa kafein). Sedangkan bagi perempuan, kafein justru menyebabkan mereka memecahkan teka-teki 100 detik lebih cepat.
Makanan Penentu Suksesnya Wawancara Kerja
Wajar saja jika Anda merasa gugup dan tegang menjelang momen penting seperti wawancara kerja. Untungnya, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Misalnya, dengan menyantap jenis makanan tertentu guna membuat Anda waspada, tenang, fokus, serta mampu berpikir cepat.
Menurut sejumlah pakar seperti dikutip situs divinecaroline.com, terdapat daftar makanan yang penting dikonsumsi demi menjamin kesuksesan wawancara kerja. Pastikan untuk menyantap makanan ini, setidaknya satu atau satu setengah jam sebelum wawancara. Dengan demikian, paling tidak sebagian makanan sudah dicerna sehingga berefek positif bagi otak Anda.
Protein bebas lemak
Meski pun bagel atau muffin blueberry terdengar menggoda sebagai menu sarapan, hindari karbohidrat sedapat mungkin menjelang wawancara kerja. Dalam sebuah studi MIT terhadap dua kelompok yang menyantap sarapan tinggi protein atau tinggi karbohidrat, peneliti menemukan bahwa dua jam setelah konsumsi, kelompok yang menyantap karbohidrat tinggi memiliki tingkat tryptophan empat kali lebih tinggi dibandingkan kelompok yang menyantap protein.
Zat tersebut dikenal sebagai pemicu kantuk. Jadi, kecuali Anda ingin jatuh terlelap ketika wawancara, lebih baik tetap mengandalkan menu protein seperti ikan, daging putih, atau telur. Mengonsumsi protein membantu tubuh memproduksi dua zat kimia yang terbuat dari tirosin-norepinefrin dan dopamin. Kedua zat tersebut memungkinkan sintesis neurotransmitter dan meningkatkan kewaspadaan mental.
Lemak sehat
Otak membutuhkan pasokan asam lemak esensial yang sehat, atau asam lemak omega-3, agar dapat berfungsi optimal. Lemak ini merupakan blok bangunan utama jaringan otak, dan membantu Anda tetap fokus, memasok oksigen ke otak, melindungi selaput sel otak, dan mengurangi risiko penyakit demensia, alzheimer, stroke, dan penyakit otak lainnya di kemudian hari.
Asam lemak ini hanya dapat Anda peroleh dari makanan. Sebab, tubuh manusia tidak mampu memproduksinya secara alami. Jadi, stok persediaan ikan (terutama salmon liar), kacang-kacangan (terutama kenari), minyak zaitun, avokat, dan biji-bijian (khususnya biji rami). Biji rami juga merupakan sumber terbaik asam alfa-linoleat, sejenis lemak sehat yang meningkatkan kinerja korteks otak, tempat di mana otak memproses informasi sensorik.
Biji-bijian utuh dan sayuran hijau
Meski pun penelitian baru-baru ini menemukan bahwa ginkgo biloba tidak meningkatkan daya ingat, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, vitamin B seperti vitamin B6, B12, dan asam folat, masih terbukti mampu membantu memori, daya fokus, serta kesehatan dan kemampuan otak secara keseluruhan. Asam folat, khususnya, membantu menghasilkan sel darah merah dan meningkatkan kesejahteraan serta kejernihan mental.
Biji-bijian utuh seperti beras merah, merupakan sumber utama vitamin B sama seperti brokoli, peterseli, kembang kol, dan kubis Brussel. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan lobak Swiss memiliki kandungan asam folat dan vitamin K tinggi, yang juga membantu otak Anda fokus dan melawan gangguan memori seperti demensia.
Kopi
Kecuali sangat sensitif terhadap kopi, Anda disarankan untuk meneguk minuman hitam pekat ini sebelum wawancara kerja. Para peneliti menemukan, kopi mampu meningkatkan kinerja memori jangka pendek dan membantu meningkatkan kapasitas perhatian dan kemampuan memecahkan masalah.
Tapi, jangan berlebihan meminumnya. Terlalu banyak kopi bukan hanya akan membuat Anda gelisah dan gugup, melainkan juga sering buang air kecil. Sebab, kafein bersifat diuretik. Akibatnya, Anda akan terlihat tidak siap di hadapan pewawancara.
Yogurt rendah lemak dan kacang campuran
Yogurt bisa membantu menyuntikkan keberanian ke dalam tubuh Anda. Bagaimana bisa begitu? Dalam sebuah studi di Slowakia, para ilmuwan memberikan baik itu plasebo atau masing-masing tiga gram dari dua asam amino (lisin dan arginin) kepada subjek penelitian. Mereka kemudian diminta untuk menyampaikan pidato. Para peneliti menemukan bahwa, menurut pengukuran darah hormon stres, subjek penelitian yang mengkonsumsi asam amino setengah kali merasa cemas selama dan setelah pidato, dibandingkan mereka yang diberi plasebo.
Yogurt dianggap sebagai sumber makanan terbaik untuk lisin. Sedangkan kacang-kacangan kaya akan arginin. Jadi, siapkan persediaan Anda. Jika mau, campurkan kacang kenari dan almond ke dalam yogurt vanila Anda
Menurut sejumlah pakar seperti dikutip situs divinecaroline.com, terdapat daftar makanan yang penting dikonsumsi demi menjamin kesuksesan wawancara kerja. Pastikan untuk menyantap makanan ini, setidaknya satu atau satu setengah jam sebelum wawancara. Dengan demikian, paling tidak sebagian makanan sudah dicerna sehingga berefek positif bagi otak Anda.
Protein bebas lemak
Meski pun bagel atau muffin blueberry terdengar menggoda sebagai menu sarapan, hindari karbohidrat sedapat mungkin menjelang wawancara kerja. Dalam sebuah studi MIT terhadap dua kelompok yang menyantap sarapan tinggi protein atau tinggi karbohidrat, peneliti menemukan bahwa dua jam setelah konsumsi, kelompok yang menyantap karbohidrat tinggi memiliki tingkat tryptophan empat kali lebih tinggi dibandingkan kelompok yang menyantap protein.
Zat tersebut dikenal sebagai pemicu kantuk. Jadi, kecuali Anda ingin jatuh terlelap ketika wawancara, lebih baik tetap mengandalkan menu protein seperti ikan, daging putih, atau telur. Mengonsumsi protein membantu tubuh memproduksi dua zat kimia yang terbuat dari tirosin-norepinefrin dan dopamin. Kedua zat tersebut memungkinkan sintesis neurotransmitter dan meningkatkan kewaspadaan mental.
Lemak sehat
Otak membutuhkan pasokan asam lemak esensial yang sehat, atau asam lemak omega-3, agar dapat berfungsi optimal. Lemak ini merupakan blok bangunan utama jaringan otak, dan membantu Anda tetap fokus, memasok oksigen ke otak, melindungi selaput sel otak, dan mengurangi risiko penyakit demensia, alzheimer, stroke, dan penyakit otak lainnya di kemudian hari.
Asam lemak ini hanya dapat Anda peroleh dari makanan. Sebab, tubuh manusia tidak mampu memproduksinya secara alami. Jadi, stok persediaan ikan (terutama salmon liar), kacang-kacangan (terutama kenari), minyak zaitun, avokat, dan biji-bijian (khususnya biji rami). Biji rami juga merupakan sumber terbaik asam alfa-linoleat, sejenis lemak sehat yang meningkatkan kinerja korteks otak, tempat di mana otak memproses informasi sensorik.
Biji-bijian utuh dan sayuran hijau
Meski pun penelitian baru-baru ini menemukan bahwa ginkgo biloba tidak meningkatkan daya ingat, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, vitamin B seperti vitamin B6, B12, dan asam folat, masih terbukti mampu membantu memori, daya fokus, serta kesehatan dan kemampuan otak secara keseluruhan. Asam folat, khususnya, membantu menghasilkan sel darah merah dan meningkatkan kesejahteraan serta kejernihan mental.
Biji-bijian utuh seperti beras merah, merupakan sumber utama vitamin B sama seperti brokoli, peterseli, kembang kol, dan kubis Brussel. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan lobak Swiss memiliki kandungan asam folat dan vitamin K tinggi, yang juga membantu otak Anda fokus dan melawan gangguan memori seperti demensia.
Kopi
Kecuali sangat sensitif terhadap kopi, Anda disarankan untuk meneguk minuman hitam pekat ini sebelum wawancara kerja. Para peneliti menemukan, kopi mampu meningkatkan kinerja memori jangka pendek dan membantu meningkatkan kapasitas perhatian dan kemampuan memecahkan masalah.
Tapi, jangan berlebihan meminumnya. Terlalu banyak kopi bukan hanya akan membuat Anda gelisah dan gugup, melainkan juga sering buang air kecil. Sebab, kafein bersifat diuretik. Akibatnya, Anda akan terlihat tidak siap di hadapan pewawancara.
Yogurt rendah lemak dan kacang campuran
Yogurt bisa membantu menyuntikkan keberanian ke dalam tubuh Anda. Bagaimana bisa begitu? Dalam sebuah studi di Slowakia, para ilmuwan memberikan baik itu plasebo atau masing-masing tiga gram dari dua asam amino (lisin dan arginin) kepada subjek penelitian. Mereka kemudian diminta untuk menyampaikan pidato. Para peneliti menemukan bahwa, menurut pengukuran darah hormon stres, subjek penelitian yang mengkonsumsi asam amino setengah kali merasa cemas selama dan setelah pidato, dibandingkan mereka yang diberi plasebo.
Yogurt dianggap sebagai sumber makanan terbaik untuk lisin. Sedangkan kacang-kacangan kaya akan arginin. Jadi, siapkan persediaan Anda. Jika mau, campurkan kacang kenari dan almond ke dalam yogurt vanila Anda
6 Cara Efektif Kurangi Belanja tidak Penting
Kian mudahnya cara pembayaran sekarang ini turut mendorong tingginya tingkat konsumsi. Kemudahan menggesek kartu kredit atau kartu debit untuk pembelian, membuat orang kurang menyadari besarnya pengeluaran hingga datang tagihan.
Padahal, ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari konsumsi gila-gilaan. Berikut ini adalah di antaranya:
1. Bayar tunai
Ketika membayar belanjaan menggunakan uang tunai, Anda akan lebih sadar terhadap pengeluaran. Sebaliknya, membayar menggunakan kartu debit atau kredit terlalu mudah sehingga Anda bahkan tidak sadar saat menggesekkannya.
2. Tinggalkan dompet
Saat keluar rumah, berbagai hal bisa menggoda iman sehingga Anda tergoda untuk mengeluarkan uang. Misalnya, syal cantik di etalase toko, kue-kue lezat di toko roti, atau aroma wangi kopi dari kedai kopi waralaba yang berkali lipat mahalnya.
Bawalah dompet hanya ketika Anda benar-benar membutuhkannya. Jika tidak, lebih baik menentukan dulu apa yang akan dibeli dan membawa uang secukupnya saja. Orang lebih mudah tergoda berbelanja ketika membawa dompet berisi uang tunai atau uang plastik bersamanya.
3. Buat prioritas
Sadari apa yang penting dalam hidup Anda, yang mungkin berbeda-beda bagi setiap orang. Tapi, pada intinya semua orang menginginkan kebahagiaan dan menemukan gairah dalam hidupnya.
Tanpa sadar, orang terjebak dalam anggapan bahwa kesuksesan berarti kebahagiaan. Orang yang berlimpah materi dianggap sebagai orang yang sukses, sehingga materi diasosiasikan dengan kebahagiaan.
4. Kenali urgensi
Setiap kali Anda merasakan dorongan untuk membeli sesuatu, kenali urgensi yang ada di balik keinginan tersebut. Tidak ada salahnya membeli sesuatu, asalkan Anda melakukannya dengan penuh kesadaran dan mengetahui konsekuensinya.
5. Gali makna terdalam
Apa alasan Anda melakukan konsumsi? Apa yang Anda coba lakukan? Tidak sedikit orang yang menimbun rumahnya dengan barang-barang dan masih merasa belum puas. Setelah beberapa waktu, mereka membutuhkan rumah yang lebih besar untuk menampung semua barang mereka, karena siklus ini tidak pernah berakhir.
6. Berpikir strategis
Ketika Anda tergoda untuk membeli mobil, misalnya, sadarilah bahwa bukan hanya harga mobil tersebut yang harus Anda bayar, melainkan juga biaya perawatannya, perbaikan jika terjadi kerusakan, bensin, asuransi, dan lain-lain. Dengan demikian, Anda akan mempunyai lebih banyak pertimbangan dan tidak tergesa-gesa melakukan pembelian.
Padahal, ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari konsumsi gila-gilaan. Berikut ini adalah di antaranya:
1. Bayar tunai
Ketika membayar belanjaan menggunakan uang tunai, Anda akan lebih sadar terhadap pengeluaran. Sebaliknya, membayar menggunakan kartu debit atau kredit terlalu mudah sehingga Anda bahkan tidak sadar saat menggesekkannya.
2. Tinggalkan dompet
Saat keluar rumah, berbagai hal bisa menggoda iman sehingga Anda tergoda untuk mengeluarkan uang. Misalnya, syal cantik di etalase toko, kue-kue lezat di toko roti, atau aroma wangi kopi dari kedai kopi waralaba yang berkali lipat mahalnya.
Bawalah dompet hanya ketika Anda benar-benar membutuhkannya. Jika tidak, lebih baik menentukan dulu apa yang akan dibeli dan membawa uang secukupnya saja. Orang lebih mudah tergoda berbelanja ketika membawa dompet berisi uang tunai atau uang plastik bersamanya.
3. Buat prioritas
Sadari apa yang penting dalam hidup Anda, yang mungkin berbeda-beda bagi setiap orang. Tapi, pada intinya semua orang menginginkan kebahagiaan dan menemukan gairah dalam hidupnya.
Tanpa sadar, orang terjebak dalam anggapan bahwa kesuksesan berarti kebahagiaan. Orang yang berlimpah materi dianggap sebagai orang yang sukses, sehingga materi diasosiasikan dengan kebahagiaan.
4. Kenali urgensi
Setiap kali Anda merasakan dorongan untuk membeli sesuatu, kenali urgensi yang ada di balik keinginan tersebut. Tidak ada salahnya membeli sesuatu, asalkan Anda melakukannya dengan penuh kesadaran dan mengetahui konsekuensinya.
5. Gali makna terdalam
Apa alasan Anda melakukan konsumsi? Apa yang Anda coba lakukan? Tidak sedikit orang yang menimbun rumahnya dengan barang-barang dan masih merasa belum puas. Setelah beberapa waktu, mereka membutuhkan rumah yang lebih besar untuk menampung semua barang mereka, karena siklus ini tidak pernah berakhir.
6. Berpikir strategis
Ketika Anda tergoda untuk membeli mobil, misalnya, sadarilah bahwa bukan hanya harga mobil tersebut yang harus Anda bayar, melainkan juga biaya perawatannya, perbaikan jika terjadi kerusakan, bensin, asuransi, dan lain-lain. Dengan demikian, Anda akan mempunyai lebih banyak pertimbangan dan tidak tergesa-gesa melakukan pembelian.
Cara Mudah Stop Multitasking
Siapa di antara Anda yang sering melakukan banyak hal dalam satu waktu alias multitasking? Padahal, mengerjakan beberapa hal sekaligus justru tidak efektif dan mampu membuat Anda merasa kewalahan.
Untungnya, ada sejumlah langkah yang dapat Anda terapkan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, sekaligus merebut kembali waktu, perhatian, serta produktivitas.
Fokus
Fokus dimulai dengan memiliki definisi yang sangat jelas tentang arti kemenangan bagi perusahaan Anda. Seperti apa suasana di akhir 2011 ketika Anda mencapai kesuksesan? Prestasi kunci apa yang akan Anda capai?
Untuk membantu Anda tetap fokus, jaga visi Anda dengan meletakkan tujuan dan sasaran di depan mata sepanjang hari. Letakkan di layar komputer dan bawa serta ke mana pun Anda pergi. Atur reminder untuk mengingatkan Anda tentang hal-hal penting, tuliskan di atas whiteboard, atau tempelkan post-it di kantor atau pada cermin di rumah.
Batasi informasi
Berhenti berusaha untuk tahu semuanya. Dengan begitu banyak informasi yang tersedia, Anda tidak mungkin selalu mengetahui segala sesuatu yang terhadi di dalam bisnis, pasar, atau industri yang digeluti.
Sebagai pemimpin, Anda harus belajar bagaimana cara mendelegasikan tugas dan tanggung jawab. Begitu pula halnya dengan mendelegasikan informasi. Tidak apa-apa mengetahui sedikit tentang banyak hal. Anda perlu membatasi informasi dan analisis mendalam terhadap area-area terpenting saja.
Waktu sendiri
Sebagai wanita karier yang sibuk, Anda mungkin harus sering bersinggungan dengan banyak orang saat rapat, percakapan di telepon atau pesan instan, memecahkan masalah serta memberi umpan balik. Rasanya salah jika harus menutup pintu ruang kerja, mematikan ponsel, dan bekerja sendirian tanpa interupsi untuk waktu yang lama.
Namun, penelitian sekali lagi menunjukkan bahwa para pemimpin bisnis memerlukan waktu yang lama tanpa gangguan agar bisa mencapai puncak performa. Waktu sendirian memungkinkan orang untuk memperlambat laju dan melihat hal-hal berbeda. Selain itu, waktu bagi diri sendiri juga mengurangi stres dan meningkatkan kreativitas.
Yang paling penting, momen tersebut memungkinkan Anda untuk kembali fokus pada aktivitas tingkat tinggi yang dilakukan, dan mendekatkan Anda pada tujuan strategis.
Alur informasi/interupsi
Kembangkan sebuah sistem untuk mengelola gelombang informasi yang datang kepada Anda setiap hari. Mulailah dengan mengambil kendali kotak masuk (inbox) e-mail Anda. Alih-alih menjawab e-mail setiap kali pesan baru masuk, lebih baik satu atau dua kali waktu dalam sehari untuk mengecek dan membalas e-mail.
Buat kebijakan untuk merespon hanya e-mail yang membutuhkan tindakan atau keputusan dari Anda. Jika sesuatu membutuhkan perhatian segera, minta orang tersebut untuk mengontak Anda secara langsung atau lewat telepon.
Untungnya, ada sejumlah langkah yang dapat Anda terapkan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, sekaligus merebut kembali waktu, perhatian, serta produktivitas.
Fokus
Fokus dimulai dengan memiliki definisi yang sangat jelas tentang arti kemenangan bagi perusahaan Anda. Seperti apa suasana di akhir 2011 ketika Anda mencapai kesuksesan? Prestasi kunci apa yang akan Anda capai?
Untuk membantu Anda tetap fokus, jaga visi Anda dengan meletakkan tujuan dan sasaran di depan mata sepanjang hari. Letakkan di layar komputer dan bawa serta ke mana pun Anda pergi. Atur reminder untuk mengingatkan Anda tentang hal-hal penting, tuliskan di atas whiteboard, atau tempelkan post-it di kantor atau pada cermin di rumah.
Batasi informasi
Berhenti berusaha untuk tahu semuanya. Dengan begitu banyak informasi yang tersedia, Anda tidak mungkin selalu mengetahui segala sesuatu yang terhadi di dalam bisnis, pasar, atau industri yang digeluti.
Sebagai pemimpin, Anda harus belajar bagaimana cara mendelegasikan tugas dan tanggung jawab. Begitu pula halnya dengan mendelegasikan informasi. Tidak apa-apa mengetahui sedikit tentang banyak hal. Anda perlu membatasi informasi dan analisis mendalam terhadap area-area terpenting saja.
Waktu sendiri
Sebagai wanita karier yang sibuk, Anda mungkin harus sering bersinggungan dengan banyak orang saat rapat, percakapan di telepon atau pesan instan, memecahkan masalah serta memberi umpan balik. Rasanya salah jika harus menutup pintu ruang kerja, mematikan ponsel, dan bekerja sendirian tanpa interupsi untuk waktu yang lama.
Namun, penelitian sekali lagi menunjukkan bahwa para pemimpin bisnis memerlukan waktu yang lama tanpa gangguan agar bisa mencapai puncak performa. Waktu sendirian memungkinkan orang untuk memperlambat laju dan melihat hal-hal berbeda. Selain itu, waktu bagi diri sendiri juga mengurangi stres dan meningkatkan kreativitas.
Yang paling penting, momen tersebut memungkinkan Anda untuk kembali fokus pada aktivitas tingkat tinggi yang dilakukan, dan mendekatkan Anda pada tujuan strategis.
Alur informasi/interupsi
Kembangkan sebuah sistem untuk mengelola gelombang informasi yang datang kepada Anda setiap hari. Mulailah dengan mengambil kendali kotak masuk (inbox) e-mail Anda. Alih-alih menjawab e-mail setiap kali pesan baru masuk, lebih baik satu atau dua kali waktu dalam sehari untuk mengecek dan membalas e-mail.
Buat kebijakan untuk merespon hanya e-mail yang membutuhkan tindakan atau keputusan dari Anda. Jika sesuatu membutuhkan perhatian segera, minta orang tersebut untuk mengontak Anda secara langsung atau lewat telepon.
28 Februari 2011
10 Cara Meningkatkan Kualitas
Sudah puaskah Anda dengan posisi yang ditempati? Sebaiknya jangan. Kunci mencapai karier yang memuaskan adalah dengan meningkatkan skill profesional.
Salah satu kunci sukses berkarier adalah jangan pernah membiarkan diri stagnan. Anda harus punya motivasi dan keyakinan untuk maju. Namun, tak cuma motivasi, Anda juga harus punya skill memadai. Ini tak hanya didiamkan begitu saja, Anda harus mengatur dan meningkatkan kemampuan Anda secara efektif. Upgrade kemampuan atau skill akan membuka kesempatan lebih besar untuk meraih posisi puncak, juga akan menjaga Anda terdepak akibat persaingan di kantor.
Intinya, jangan cepat puas dan carilah cara untuk meningkatkan kualitas profesionalisme. Tak ada yang akan menikmati hasilnya selain diri sendiri, kok. Nah, berikut adalah beberapa trik untuk upgrade skill Anda:
1. Nilailah diri sendiri
Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda mengawalinya dengan menilai kinerja diri. Penilaian harus obyektif dan realistis. Jika Anda merasa kinerja Anda belum maksimal, nilailah seperti itu. Ambilah kertas, kemudian tuliskan poin-poin tugas apa saja yang Anda hadapi di kantor. Lalu, tanyakan pada diri Anda, seberapa jauh mampu menangani poin-poin tersebut.
Misalnya, jika Anda seorang supervisor TI, tanyakan seberapa cepat Anda mampu mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini? Tanyakan juga apakah Anda menikmati tugas-tugas tersebut. Daftar singkat ini akan membantu Anda memperoleh gambaran utuh mengenai kinerja Anda sendiri. Setelah diperoleh gambaran utuh, Anda bisa memutuskan, aspek mana yang sudah Anda kuasai, dan aspek mana mana yang perlu ditingkatkan.
2. Terus belajar
Pahamilah bahwa karier profesional merupakan sebuah proses di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengikutinya terus menerus.
Jadi, gunakan kesempatan ini untuk menguasai kemampuan prosefesional. Kerjakan semua tugas dengan sebaik-baiknya, ikuti aturannya, cari tahu kelebihan dan kelemahan proses yang Anda ikuti, dan seterusnya. Dengan demikian, Anda akan mampu menjalankan semua tugas Anda dengan baik, saat ini dan di masa datang.
3. Be Responsible
Meskipun berada dalam naungan sebuah perusahaan, Anda yang akan menentukan karier. Jadi, bertanggungjawablah dan pastikan bahwa Anda mengambil semua peluang untuk meningkatkan skill profesional Anda. Memperoleh tawaran untuk mengikuti training , seminar, atau keanggotaan sebuah asosiasi profesional? Tak perlu ragu untuk ikut dan bergabung karena skill pun akan semakin kaya.
4. Jaga kinerja
Selain bertanggungjawab, Anda juga harus menerapkan standar pribadi di dalam mengerjakan tugas profesional Anda. Standar inilah yang akan menentukan kualitas kinerja. Di sisi lain, kinerja inilah yang akan menjadi dasar kenaikan jabatan atau promosi. Jadi, jangan segan bertanya kepada atasan. Jika memang merasa perlu, mintalah job atau tugas baru yang menurut Anda menantang. Namun, jangan asal meminta penugasan. Ukur kemampuan dan yakin bahwa Anda memang mampu menerima tugas.
5. Jaga hubungan kerja
Meski tampaknya tak terkait langsung dengan skill , menjaga hubungan kerja dengan semualevel merupakan salah satu strategi penting untuk mengembangkan kemampuan. Berusahalah agar mampu bekerja dalam tim secara efektif. Gunakan semua contoh dan teori profesional yang Anda punya untuk meningkatkan kinerja. Jika memungkinkan, jadikan diri Anda sebagai salah satu contoh bagi rekan kerja.
6. Ciptakan jaringan
Sisihkan dulu urusan kantor. Kini, saatnya untuk bersosialisasi dan menciptakan jaringan di luar kantor. Anda bisa bergabung dengan komunitas profesional di luar posisi karier, namun tetap bisa meningkatkan kualitas kinerja Anda. Contohnya, jika Anda seorang akuntan, tak ada salahnya bergabung dengan komunitas bursa. Yakinlah, ilmu dan jaringan yang Anda peroleh dan bina di komunitas itu akan sangat membantu karier di kemudian hari.
7. Carilah mentor
Cara terbaik menguasai sebuah bidang adalah belajar dari ahlinya. Jadi, jangan ragu untuk mencari mentor atau guru. Tentu, bukan dalam arti harfiah. Anda bisa, kok, misalnya “berguru” kepada penulis favorit Anda melaui buku-buku karyanya. Secara tak langsung, Anda akan menguasai ilmu Sang Ahli tersebut dan kemudian Anda terapkan dalam tugas sehari-hari. Tapi, bisa juga Anda langsung meminta petunjuk dari ahli yang Anda kenal. Yang penting, Anda yakin bahwa “guru” Anda ini memang ahli dan sudah memiliki pengalaman di bidangnya.
Kalau perlu, carilah mentor sebanyak-banyaknya. Semakin banyak mentor, semakin banyak ilmu yang bisa diserap, sehingga ketika dihadapkan pada suatu persoalan kerja, Anda memiliki banyak solusinya.
8. Siapkan masa depan
Selalulah bertanya, “Apa yang akan terjadi esok? Bagaimana mengatasinya?” Salah satu ciri pemenang adalah selalu selangkah di depan lebih dulu ketimbang kompetitornya. Ketika kompetitor tengah asyik bergulat dengan persoalan hari ini, Anda sudah mencari solusi untuk persoalan yang muncul esok hari. Cobalah berlatih membiasakan diri untuk berada selangkah di depan. Dijamin, Anda akan menikmati hasilnya lebih cepat dari yang Anda perkirakan.
9. Asah terus skill Anda
Dewasa ini banyak sekali tawaran pelatihan atau kursus singkat untuk semua bidang profesi, dari mulai pelatihan soal keuangan perusahaan, pelatihan program komputer, pelatihan leadership , dan sebagainya. Nah, seperti halnya poin ke-2 di atas, jangan ragu untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, sekalipun tak berkait langsung dengan posisi Anda. Jangan takut untuk mengikuti tes uji kemampuan. Biasanya, ketakutan dan keraguan muncul ketika Anda belum melangkah. Begitu melangkah, Anda pasti mampu mengatasi keraguan-keraguan tadi dengan segera. Pengayaan skill ini sudah pasti akan menjadi poin tersendiri dalam menjalani karier Anda.
10. Jangan lupakan teknologi
Ada banyak sekali situs atau jaringan sosial yang bisa Anda buka dan membantu meningkatkan skill Anda. Cara paling mudah adalah mencarinya di Google. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas di Facebook atau Twitter. Jika Anda tertarik untuk meningkatkan kemampuan negosiasi, Anda bisa misalnya “berteman” dengan jagomarketing , jika Anda berniat mempelajari program komputer, Anda bisa bergabung dengan komunitas progammer komputer, dan sebagainya.
Langganan:
Postingan (Atom)
TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI
TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI Tentu tidak asing lagi , saat kita mendengar dibutuhkan lowongan dibidang Adminis...
-
TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI Tentu tidak asing lagi , saat kita mendengar dibutuhkan lowongan dibidang Adminis...
-
Tidak semua orang mendapatkan kemewahan menikmati kebijakan hari libur yang fleksibel di tempat kerja. Meminta tambahan waktu libur bisa di...
-
Resume atau riwayat singkat yang berisi pengalaman dan ketrampilan yang dimiliki oleh seseorang yang melamar sebuah pekerjaan amatlah menent...