TEHNIK DAN TIPS MEMBUAT SURAT LAMARAN DAN MELAMAR KERJA

TEKNIK DAN TIPS MEMBUAT SURAT LAMARAN dan MELAMAR KERJA
Banyaknya penawaran lowongan kerja, merupakan peluang bagi kita untuk bisa berkompetisi meraih kesempatan itu.Langkah pertama untuk bisa diterima kerja yaitu mengajukan lamaran kerja yang disampaikan dengan menggunakan jasa pos atau dikirim secara langsung. Tapi jangan anggap remeh dalam membuat surat lamaran kerja , karena ini merupakan tahap awal yang paling penting untuk menyakinkanpihak penyeleksi , agar anda termasuk salah satu nominasi untuk test selanjutnya.

Diperlukan tehnik penulisan surat lamaran sehingga orang yang membaca akan langsung simpati dan mencoba anda untuk ikut proses selanjutnya.

TIPS PENTING untuk persiapan sebelum membuat lamaran kerja :

A. TIPS PERSIAPAN AWAL MELAMAR KERJA . 
  • Pilihlah lowongan kerja dengan memadukan keinginan dan background anda , atau paling tidak jangan terlalu melenceng jauh dengan pendidikan atau pengalaman anda. Hal ini penting karena si penyeleksi, pertama kali akan menghubungkan background anda dengan lowongan yang tersedia.
  • - Catatan yang perlu diingat, JANGAN mengirim lamaran ke Alamat atau posisi kerja yang kurang jelas, ini akan sia-sia, karena anda akan kehilangan uang, walaupun itu hanya berupa ongkos kirim dan kertas untuk membuat lamaran itu, sayang bukan ?. 
  • Pandai-pandailah memilih jenis lowongan kerja yang ditawarkan, apabila kurang jelas atau meragukan pekerjaan yang ditawarkan , sebaiknya tidak kita teruskan untuk melamar pekerjaan tersebut. Catatan Penting
  • - Utamakan melamar lowongan kerja yang ditawarkan atas informasi kerabat atau teman, sehingga alamat dan jenis kerja sudah jelas. 
  •  - Apabila informasi lowongan dari koran, sebaiknya cari jenis lowongan yang menyebutkan alamat yang Jelas bukan ke PO BOX. tetapi untuk anda yang sudah berpengalaman atau sedang bekerja di perusahaan tertentu, alamat PO box bisa anda pilih, tetapi NAMA PERUSAHAAN dan jenis pekerjaan harus sudah disebutkan dengan jelas didalam lowongan tersebut .
  •  - Apabila lamaran dari Bursa kerja , sebaiknya anda juga harus berhati-hati, karena sekarang banyak bursa kerja yang menawarkan kerja dengan membayar sejumlah uang tertentu dengan alasan bayar ADMINISTRATIF untuk bisa melihat lowongan yang ada. ( Maaf ,sebaiknya dihindari atau tidak usah melamar ke tempat tersebut KECUALI BURSA KERJA yang benar-benar free tidak bayar apapun tanpa kecuali ). 
  • - Apabila lowongan dengan wawancara langsung, tetapi dalam wawancara itu, mengharuskan anda untuk membeli barang dulu sebagai sample atau meminta anda untuk ikut mengeluarkan uang untuk investasi, sebaiknya jangan diteruskan melamar dan minta surat lamaran anda, karena bisa dipakai untuk melamar ketempat lain. 
  • Perbanyak membaca pengetahuan tetang praktek kerja atau bertanya dengan teman yang sudah bekerja, tentang apa jenis pekerjaannya dan bagaimana cara pekerjaannya. Ini akan sangat membantu anda untuk membukan luas jalan fikiran anda dalam menggambarkan dan menerangkan suatu pekerjaan.

 B . TEHNIK MEMBUAT ATAU MENYUSUN SURAT LAMARAN KERJA.

Silahkan ikuti Tehnik dan tips berikut ini agar Lamaran kerja yang anda buat mendapatkan point Khusus
  1. Tulislah Lamaran kerja dengan tulisan anda yang paling bagus , rapi dan terbaca jelas. Ini sangat berarti , paling tidak si pembaca akan tertarik untuk membaca isinya. 
  2. Sebaiknya menyusun Lamaran menjadi 3 Paragraf ( Pembuka, Isi dan Penutup ), masing-masing dipisahkan dengan spasi. 
  • PEMBUKAAN ( Paragraf 1 ) : Anda bisa sampaikan sumber dari anda memperoleh informasi lowongan kerja dan pilih kata yang menarik simpati pembacanya karena ini adalah bagian penting sebagai awal kata yang dibaca. Contohnya : " Berdasarkan informasi dari......, Bahwa perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin membutuhkan karyawan / i untuk menduduki jabatan sebagai..., Karena merasa mampu untuk mengisi posisi/jabatan tersebut dan akan selalu berusaha keras, saya berharap dapat membantu memajukan perusahaan yang bapak / ibu pimpin. 
  •  ISI( Paragraf 2 ) : Anda bisa tuliskan apa saja yang anda lampirkan. Contoh : Bersama ini saya lampirkan foto copy............ 
  • PENUTUP ( Paragraf 3 ) : Pada bagian ini sebaiknya di bubuhi harapan, dan penghormatan. Contoh : Besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja pada perusahaan ini / yang Bapak atau Ibu pimpin. 
Ada tehnik dan tips khusus yang juga penting untuk mendukung lamaran kerja tersebut yaitu

MEMBUAT curriculum vitae ( Riwayat Hidup ) TEHNIK DAN TIPS :
  1. BILA ANDA BELUM MEMPUNYAI PENGALAMAN KERJA. 
  • Sebaiknya tonjolkan kemampuan anda yang lain seperti Ijasah Khusus. Dengan catatan anda harus siap memberikan gambaran sejelasnya apabila ada pertanyaan, kalau perlu carilah bacaan yang bisa membantu anda menggambarkan Kemampuan anda tersebut anda boleh sampaikan pengalaman itu di dapat dari A..., B..atau C , walaupun ini hanya trik saja. 
  • Kalau and tidak mempunyai Ijasah Kursus tapi ande bisa sedikit Komputer atau bahasa Asing, maka tetap jangan sampai lupa menuliskan di daftar Riwayat tersebut. 
  • Bila anda tidak mempunyai point Plus, atau hanya mengandalkan nilai yang pas-pas-an , jangan berkecil hati , ada trik dan Tip Khusus yang dapat membantu anda :
  •  - Anda harus YAKINKAN diri anda Bahwa anda mampu dan bisa memulai kerja dengan Kualitas yang sama atau lebih baik dari orang lain yang sudah pernah bekerja.
  •  - Jawablah setiap pertanyaan dengan sopan dan mantap , ini akan menjadi daya tarik khusus tentang diri anda. 
  • - Tetaplah berdoa , dan yakin bahwa Tuhan menciptakan kita pasti satu paket dengan memberikan rejeki ke pada kita. 
Untuk menambah wawasan BAIK YANG BELUM BERPENGALAMAN MAUPUN YANG SUDAH BERPENGALAMAN coba kuasai untuk membaca artikel saya yang lain, karena ini saling berhubungan untuk memberi masukan kepada anda :

 "Tehnik dan tips sukses wawancara kerja atau yang lainnya.

 “ KEBERHASILAN DAN KESUKSESAN ADA PADA ANDA, JANGAN MUDAH MENYERAH “

1 Response to "TEHNIK DAN TIPS MEMBUAT SURAT LAMARAN DAN MELAMAR KERJA"

Rmat Nasya mengatakan...

makasih infonya

Poskan Komentar