4 Maret 2011

Cara Mudah Stop Multitasking

Siapa di antara Anda yang sering melakukan banyak hal dalam satu waktu alias multitasking? Padahal, mengerjakan beberapa hal sekaligus justru tidak efektif dan mampu membuat Anda merasa kewalahan. 

Untungnya, ada sejumlah langkah yang dapat Anda terapkan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, sekaligus merebut kembali waktu, perhatian, serta produktivitas. 

Fokus 
Fokus dimulai dengan memiliki definisi yang sangat jelas tentang arti kemenangan bagi perusahaan Anda. Seperti apa suasana di akhir 2011 ketika Anda mencapai kesuksesan? Prestasi kunci apa yang akan Anda capai? 

Untuk membantu Anda tetap fokus, jaga visi Anda dengan meletakkan tujuan dan sasaran di depan mata sepanjang hari. Letakkan di layar komputer dan bawa serta ke mana pun Anda pergi. Atur reminder untuk mengingatkan Anda tentang hal-hal penting, tuliskan di atas whiteboard, atau tempelkan post-it di kantor atau pada cermin di rumah. 

Batasi informasi 
Berhenti berusaha untuk tahu semuanya. Dengan begitu banyak informasi yang tersedia, Anda tidak mungkin selalu mengetahui segala sesuatu yang terhadi di dalam bisnis, pasar, atau industri yang digeluti. 

Sebagai pemimpin, Anda harus belajar bagaimana cara mendelegasikan tugas dan tanggung jawab. Begitu pula halnya dengan mendelegasikan informasi. Tidak apa-apa mengetahui sedikit tentang banyak hal. Anda perlu membatasi informasi dan analisis mendalam terhadap area-area terpenting saja. 

Waktu sendiri 
Sebagai wanita karier yang sibuk, Anda mungkin harus sering bersinggungan dengan banyak orang saat rapat, percakapan di telepon atau pesan instan, memecahkan masalah serta memberi umpan balik. Rasanya salah jika harus menutup pintu ruang kerja, mematikan ponsel, dan bekerja sendirian tanpa interupsi untuk waktu yang lama. 

Namun, penelitian sekali lagi menunjukkan bahwa para pemimpin bisnis memerlukan waktu yang lama tanpa gangguan agar bisa mencapai puncak performa. Waktu sendirian memungkinkan orang untuk memperlambat laju dan melihat hal-hal berbeda. Selain itu, waktu bagi diri sendiri juga mengurangi stres dan meningkatkan kreativitas. 

Yang paling penting, momen tersebut memungkinkan Anda untuk kembali fokus pada aktivitas tingkat tinggi yang dilakukan, dan mendekatkan Anda pada tujuan strategis. 

Alur informasi/interupsi 
Kembangkan sebuah sistem untuk mengelola gelombang informasi yang datang kepada Anda setiap hari. Mulailah dengan mengambil kendali kotak masuk (inbox) e-mail Anda. Alih-alih menjawab e-mail setiap kali pesan baru masuk, lebih baik satu atau dua kali waktu dalam sehari untuk mengecek dan membalas e-mail. 

Buat kebijakan untuk merespon hanya e-mail yang membutuhkan tindakan atau keputusan dari Anda. Jika sesuatu membutuhkan perhatian segera, minta orang tersebut untuk mengontak Anda secara langsung atau lewat telepon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI

TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI Tentu tidak asing lagi , saat kita mendengar dibutuhkan lowongan dibidang Adminis...