28 Agustus 2010

9 Cara Meningkatkan Percaya Diri

Menanamkan rasa percaya diri sangatlah tidak mudah. Bahkan pada orang yang tergolong tinggi rasa percaya dirinya pun, selalu saja merasa ada yang kurang dalam dirinya. Tetapi perasaan ini bisa dipupuk asalkan Anda mau berusaha. Nah, 9 langkah berikut inilah jalan keluarnya.

1. UBAH POLA BERPIKIR ANDA
Jika benak Anda hanya dipenuhi dengan kata “tidak bisa” dan “tidak pernah”, Anda akan selalu merasa berlari dalam kehampaan, Anda tidak akan memperoleh apa-apa. Terus-menerus mencari-cari kesalahan atau mengingat-ingat kekurangan diri tidak akan mengubah keadaan. Bukankah lebih tepat bila waktunya Anda gunakan untuk mengembangkan diri?

2. JANGAN INGKARI PERASAAN ANDA
Jangan sesekali mencoba mengikari hal-hal yang membuat Anda merasa tak berharga. Tentu saja tak perlu sampai memaksa diri untuk tersenyum di saat air mata tak lagi terbendung lantaran merasa merana dan tiada guna hidup ini.
Dengan menerima dan mencoba merasakan emosi yang serba menyesakkan tadi justru memacu Anda untuk keluar dari situasi demikian. Percayalah, meski perasaan Anda saat ini tidak menentu, itu semua tidak akan berlangsung lama, kok.

3. JUMLAHKAN KEMENANGAN YANG ANDA RAIH
Catat / buatlah daftar panjang berisi hal-hal baik yang pernah Anda lakukan, mulai saat ini. Kemudian, kapan pun Anda mengulang prestasi serupa, atau sekecil apa pun, tambahkan dalam daftar yang pernah Anda buat. Langkah ini akan meningkatkan rasa percaya diri Anda mengenyahkan hambatan yang menghalangi kemajuan Anda.

4. AMBIL HIKMAHNYA
Ingat, saat Anda terjatuh ketika mengendarai sepeda, bukankah saat itu Anda menjadi tahu cara mengendarai sepeda secara benar? Segeralah bangkit dan jangan menyerah untuk mencobanya lagi. Ini akan membantu Anda menyelami makna perjuangan dan ketabahan hati melewati saat sulit.

5. TAK PERLU MALU
Mungkin akan sangat menyakitkan saat Anda merasa seperti badut kala semua memperolok Anda. Ketimbang memikirkan rasa sakit hati, bukankah lebih baik Anda memfokuskan hal-hal lucu yang justru dapat mengendurkan ketegangan syaraf. Dan akan lebih bijaksana untuk mengangkat hal-hal yang menggelikan/memalukan itu menjadi cerita yang menarik yang patut Anda wariskan sebagai kisah membanggakan. Bukankah sebagian kepribadian Anda pun terbentuk dari pengalaman lucu seperti itu?

6. TENTUKAN TUJUAN YANG HENDAK ANDA CAPAI
Membiarkan hidup Anda mengambang tanpa tujuan jelas sangat merugikan/menggerogoti diri Anda. Sebaliknya berbagai aktivitas yang menawarkan gool setting akan membuat Anda bergairah untuk merealisasikannya. Ini akan membuat Anda merasa dihargai. Segeralah ikut ambil bagian dalam berbagai kegiatan kelompok. Entah hobi atau kegiatan apa pun yang akan Anda senangi semisal berkebun. Selain merasa “terobati” Anda pun akan berusaha menunjukkan hasil terbaik saat mengikuti berbagai aktivitas tadi. Bukankah hal ini akan semakin meningkatkan rasa percaya diri Anda?

7. JANGAN HANYA BERDIAM DIRI
Bila Anda sudah menyusun rencana dan menentukan tujuan yang hendak dicapai, jangan lantas hanya berdiam diri. Bertindaklah ! menyanggupkan diri untuk meraih apa yang Anda inginkan akan menggerakkan Anda dari segala kemalasan. Menemukan masalah? Cari jalan keluar! Butuh bantuan? Jangan ragu memintanya pada mereka yang kompeten! Menyusun rencana kemudian melaksanakannya akan membuat Anda merasa seimbang.

8. BERANI TAMPIL DI DEPAN UMUM
Berani tampil dan bicara di depan umum akan sangat membantu mengembalikan rasa percaya diri yang terkoyak. Tak perlu sungkan memperhatikan sekaligus belajar dari orang-orang terdekat yang seolah tanpa masalah bila berhadapan dengan publik. Tanyakan bagaimana dia mengalahkan segala ketakutan/kekhawatirannya. Catat hal-hal penting. Bila perlu, untuk sementara, tirulah gaya atau penampilannya.

9. JADILAH AHLI
Meski Anda memulainya dari hal-hal yang kelihatannya sepele, jangan sesekali merasa kalah sebelum perang. Keinginan dan kebiasaan menuntaskan pekerjaan Anda tidak pernah sia-sia, kok. Kalaupun Anda merasakannya sebagai rutinitas yang membosankan, jangan pantang menyerah. Dengan memperdalam hal-hal yang sederhana, bukan tidak mungkin suatu saat Anda “lahir” jadi ahlinya. Anda akan terkagum-kagum merasakan hasilnya. Ingat, sukses sekecil apa pun akan membuat percikan pada kesuksesan berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI

TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI Tentu tidak asing lagi , saat kita mendengar dibutuhkan lowongan dibidang Adminis...