29 Januari 2011

Pentingnya Branding dalam Wirausaha

Saat ini pemerintah sedang menggalakan kewirausahaan bagi rakyat Indonesia. Mungkin bagi pemerintah hal ini adalalah salah satu jalan keluar untuk mengatasi penggangguran yang semakin lama semakin banyak. Caranya dengan memperkerjakan diri sendiri menjadi wirausaha.

Sebenarnya ide untuk menjadi wirausaha adalah ide yangmenarik. Banyak negara besar yang ekonomi mereka di sanggah oleh usaha-usaha kecil. Hanya saja memang untuk menjadi seorang wirausaha diperlukan keterampilan dan mental yang baja. Selain ketekunan, kemampuan mengelola keuangan dan kemampuan marketing sangat diperlukan.

Waduh….sulit sekali ya…? Eit…sebenarnya tidak selulit yang di bayangkan. Pertama untuk mengelola keuangan tidak perlu jago akutansi. Cukup dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan secara teliti dalam catatan sederhana sudah cukup. Tujuannya adalah untuk perencanaan dan menghitung kerugian serta keuntungan atau istilah kerennya profit and loss.

Sementara kemampuan marketing juga tidak perlu lulusan sarjana marketing. Beberapa hal dasar saja yang perlu diketahui seperti siapa target market dari produk yang akan kita jual. Dan penting juga untuk mulai menanamkan brand bagi produk kita. Karena siapa tahu produk yang kita jual atau produksi sendiri akan berkembang pesat dikemuadian harinya karena kerja keras dan ketekunan kita.

Salah satu komponen branding yang penting adalah logo. Dengan mempunyai logo yang menarik serta mencerminkan produk atau perusahaan kita, orang atau pelanggan akan mudah mengenali perusahaan atau produk kita. Setelah orang mengenali logo yang mewakili identitas perusahaan atau produk kita, maka kita dapat membangun image atau reputasi yang kita ingin agar orang rasakan terhadap kita atau produk kyang kita buat. Akan sia-sia saja bila kita membangun reputasi atau image tetapi kita belum mempunyai logo.

Sebagai contoh, produk nike. Semua orang tahu bahwa bentuk melengkung seperti contreng  itu menandakan produk-produk nike. Bila kita lihat sepatu yang dipakai seseorang dan ada tanda seperti itu, kita langsung tahu o…..orang itu pakai sepatu nike. Image itu sangat melekat di pikiran masyarakat. Ya …memang daya pikat sebuah logo dari merek yang sukses dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat akan produk tersebut.

Tapi untuk membuat logo mahal… Ya, memang membuat logo itu mahal. Karena mungkin logo adalah identitas dari suatu produk atau perusahaan, sehingga membutuhkan pemikiran yang mendalam dalam membuatnya.  Seperti designer yang membuat logo untuk perusahaan-perusahaan ternama ini:
Tapi ada kok yang mau membuat logo dengan harga yang cukup terjangkau, seperti yang bisa dilihat di: desain logo.


Bila kita sudah mempunyai sebuah logo, maka proses penanaman image dan reputasi atau istilah kerennya Branding di mulai.  Buatlah rencana pemasaran dalam bentuk tertulis. Target market kita, apa saja yang ingin kita lakukan dan kapan waktunya.  Misalkan kita akan buat bulan diskon harga pada bulan Maret dan pada bulan Januari hingga Februari kita melakuan bagi-bagi leaflet. Kenapa harus tertulis?. Agar semuanya terencana dengan baik dan kita dapat melakuan rencana dalam waktu yang tepat serta bisa kita evaluasi lagi. Sekecil apapun skala usaha yang kita miliki, sebaiknya semua dilakuakan dengan tertulis, sehingg tidak ada yang terlupa dan bisa kita baca lagi dilain waktu untuk dipelajari dan ditambah kan bila ada ide-ide baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI

TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI Tentu tidak asing lagi , saat kita mendengar dibutuhkan lowongan dibidang Adminis...